Friday, January 12, 2018

HDD vs SSD Manakah yang cocok untuk anda ?

Masih bingung mau beli SSD atau HDD??

Biasanya yang membuat orang bingung adalah dilihat dari harga, kualitas, dan ukuran penyimpanannya.
Agar lebih mudah dalam memilih saya akan menjelaskannya dibawah ini...

Durability 



SSD unggul dalam urusan ketahanan atau Durability dibandingkan dengan HDD, karena SSD menggunakan integrated circuit, sedangkan HDD menggunakan piringan magnetik dan beberapa komponen mekanik yang tidak tahan benturan. Jika terguncang atau terbentur, HDD akan mengalami bad sector yang dimana terdapat sector HDD yang tidak bisa menyimpan atau membaca data. Coba anda bayangkan, SSD yang mempunyai isi yang berbentuk seperti kepingan ram dan HDD yang memiliki bobot cukup berat dan berisi komponen mekanik yang sama-sama jatuh dari ketinggian 1 meter...
Tentusaja SSD akan selamat karna menurut pemikiran saya SSD seperti triplek yang jatuh, sedangkan HDD yang jatuh dari ketinggian 1 meter mengakibatkan komponen didalamnya saling berbenturan hingga menyebabkan disknya rusak.
Tak hanya itu, SSD lebih tahan panas dibandingkan HDD, dan SSD jauh lebih tahan jika misalkan PC di force shutdown oleh user.
SSD juga lebih tahan dari daya magnet, data akan aman. Berbeda dengan HDD yang datanya beresiko hilang/terhapus jika disk terkena daya magnet.

iklan:
Tolong Klik LINK BERIKUT agar saya dapat mengembangkan blog ini lebih semangat lagi.

Kecepatan


Sekali lagi SSD unggul dalam urusan kecepatan dibandingkan HDD, karna SSD menggunakan flash memory berbasis NAND dan merupakan jenis memori non-volatile yang sama seperti HDD yang artinya tetap dapat menyimpan data saat suplai listrik dimatikan.
Saat membuka file, SSD bisa lebih cepat 50% dibandingkan HDD, dan waktu booting SSD bisa 4X lebih cepat dari HDD.
SSD juga bisa meningkatkan peforma PC dan cocok untuk aktivitas berat seperti Gaming dan urusan Multimedia.

Harga


Harga SSD di awal tahun 2018 ini masih tergolong mahal, untuk SSD ukuran 128gb harganya bisa setara dengan HDD 1tb 2,5 inchi dan bisa lebih. Namun saya percaya bahwa semakin lama harga SSD bisa semakin turun dan teknologinya semakin canggih.

Anda butuh yang mana ??


Jika anda lebih mengutamakan ketahanan/durability dan kecepatan seperti programmer, untuk menyimpan dokumen penting pakai saja SSD. Sebenarnya untuk urusan multimedia juga membutuhkan SSD, namun biasanya untuk hal seperti itu membutuhkan ukuran memori yang besar, mengingat SSD harganya mahal maka yang saya akan lakukan adalah menggunakan SSD dan HDD sekaligus.

No comments:

Post a Comment