Thursday, March 15, 2018

INILAH YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MEMBELI LAPTOP UNTUK PROGRAMMER ATAU RPL

Jaman Sekarang ini hampir segala urusan sudah dapat mengandalkan komputer. Jadi tidaklah aneh jika sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk mempelajari segalanya tentang komputer, khususnya dalam bidang software.
Berikut kriteria laptop yang harus diperhatikan agar anda nyaman ngoding...

iklan:
Tolong Klik LINK BERIKUT agar saya dapat mengembangkan blog ini lebih semangat lagi.

  1. Pilih CPU Minimal Sekelas intel i3 Terbaru
  2. CPU yang lambat akan sangat mengganggu dan menguji kesabaran anda, karna memungkinkan akan sangat lambat jika dipakai multitasking. Tak hanya itu, beberapa aplikasi pendukung pun banyak yang dirasa berat.
  3. Pilih RAM Minimal 8gb
  4. RAM yang besar pun akan sangat mendukung dalam urusan multitasking, salah satu yang paling boros ketika anda menggunakan Virtual Machine yang memakan RAM besar.
  5. Utamakan Kecepatan Penyimpanan
  6. Pada umumnya, seorang programmer tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, namun sangat mengutamakan kecepatan Read and Write penyimpanannya, salah satu solusinya yaitu menggunakan SSD, namun saran saya jika ingin membeli laptop pilihlah yang menyediakan slot M.2 pada motherboardnya. Anda hanya perlu memasang SSD yang berbentuk kepingan seperti RAM di motherboard laptop anda tanpa harus mencopot atau menukar hardisk anda dengan SSD yang SATA 3.
  7. Ganti Optical Disk Drive Menggunakan HDD Caddy
  8. Yang berikut ini hanya bersifat opsional, jika anda merasa kurang dengan kapasitas SSD anda karna harga per Giganya yang besar, anda bisa menggunakan HDD tambahan. Namun bisa saja anda menggunakan SSD tambahan M.2 dan Hardisk tanpa menggunakan HDD caddy.
  9. Utamakan Kenyamanan Keyboard
  10. Seorang Programmer akan sangat sering menggunakan waktunya untuk mengetik dan mengetik, sehingga butuh keyboard yang nyaman. Anda dapat menggunakan mechanical keyboard tambahan yang disambungkan pada laptop anda jika anda merasa tidak nyaman dengan keyboard anda, namun agak merepotkan.
  11. GPU Dedicated Hanya Sampingan
  12. Seorang programmer harus bisa menggunakan waktunya dengan baik, sehingga kemungkinan tidak mempunyai waktu untuk bermain game, namun jika tidak demikian dan ingin memperhatikan peforma dalam bermain game, multimedia dan hal lain yang membutuhkan dedicated GPU anda bisa membeli laptop yang memiliki GPU dedicated seperti GT 940MX, R5 M430, MX 150, dan lain sebagainya.
  13. Pilih Body Yang Ramping Dan Ringan
  14. Seorang programmer akan menghabiskan waktunya berada di depan laptop, sehingga anda akan membutuhkan laptop yang ringan dan ramping sehingga dapat dibawa kemana-mana tanpa ribet yang berlebihan.
  15. Pilih Yang Menggunakan Body Metal
  16. Laptop dengan body metal akan sangat bagus durabilitinya, tahan lama, lebih cakep. Body metal akan sangat dibutuhkan untuk laptop yang memiliki jam kerja cukup tinggi karna memiliki sirkulasi panas laptop yang lebih
  17. Memiliki Luas LCD dan Resolusi yang Besar
  18. diharuskan memiliki lcd yang besar dengan resolusi tinggi agar simbol-simbol kecil lebih mudah terlihat dan tidak meyiksa mata, dan tidak mudah pusing. Monitor dengan anti glare memiliki lcd yang tidak memantulkan cahaya sehingga lebih ringan dan adem dimata. Apalagi jika anda membelakangi cahaya, monitor anti-glare tidak membuat mata silau.
  19. Pilihlah Merek Yang Terpercaya
  20. Hampir seluruh orang uang ingin membeli laptop mereka akan memilih merek yang menurut mereka bagus dari segi kualitas, maupun tampilannya. Merek juga harus diperhatikan karena dapat mempermudah anda jika laptop anda bermasalah, anda dapat dengan mudah menservicenya di tempat resmi.
    Segitu saja, saya tulis berdasarkan pengalaman saya, misalkan ada kesalahpahaman, kekeliruan atau berniat ingin membantu menambahkan bisa mengisi kolom komentar dengan sopan...

    Saya juga masih tahap belajar...

No comments:

Post a Comment